Selasa, 19 Agustus 2014

BATIK PEKALONGAN

BATIK PEKALONGAN

Keunggulan Batik Pekalongan Berdasarkan Proses Pembuatannya.
Batik Pekalongan mempunyai ciri khas tersendiri dari batik yang lain.





























Keunggulan Batik Pekalongan berdasarkan proses pembuatannya :
1. Batik Cap
Batik dengan teknik cap ini merupakan pembuatan batik yang dilakukan dengan cara menggunakan canting cap. Bentuknya yang mirip dengan stempel ini membuat proses membatik menjadi lebih cepat. Meskipun proses pembuatannya lebih cepat, hasil dengan batik tulis yang dilakukan dengan cara seperti menggambar di atas kain ini. Untuk membedakan batik cap ini, anda bisa memperhatikan beberapa ciri khas dari batik celup diantaranya adalah warna batik pada kedua belah sisi kain detail, warna batik lebih mengkilap, dan warna dasar pada kain biasanya warna gelap.
2. Batik Tulis
Batik yang dibuat dengan cara menuliskan langsung motif batik secara manual dengan menggunakan canting. Batik tulis ini mempunyai keunikan rumit dan membutuhkan ketelatenan tingkat tinggi. Sesuai dengan tingkat kesulitan dalam membuatnya, batik tulis memang dijual dengan harga yang lebih mahal. hal ini sangat sesuai dengan kualitas batik tulis yang bagus dan mempunyai motif batik yang detail. Untuk batik Pekalongan juga terdapat jenis batik tulis yang juga memiliki daya jual yang tinggi.
3. Batik Sablon
Seiring dengan kemajuan teknologi, batik Pekalongan juga ada yang diproses dengan cara disablon. Cara ini adalah cara yang paling cepat dan mudah sehingga dalam sekali pembuatannya, produsen bisa menghasilkan produk kain batik yang banyak. Produksi dengan cara ini biasanya banyak dilakukan oleh pabrik tekstil. Produksinya yang cepat tentunya juga akan mempengaruhi harga penjualan produk batik yang satu ini, sehingga batik sablon dijual dengan harga yang relatif murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar